Selasa, 09 Maret 2010

Waspadai Hujan Lebat Hingga Es



VIVAnews - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini adanya cuaca ekstrim dalam tiga hari ke depan. Hujan lebat disertai angin dan petir berpotensi terjadi di Indonesia, terutama di Sumatera dan Jawa.

"Bahkan ada beberapa wilayah yang akan hujan es," kata Kepala Sub Bidang Informasi BMKG Haritirto kepada tvOne, Selasa 9 Maret 2010.

Namun, kata dia, BMKG tidak bisa memastikan di kota-kota mana saja hujan es itu akan terjadi. "Bisa dimana saja. Jika ada awan Cumulonimbus tebal, itu ada potensi kuat," kata dia.

Cuaca ekstrim, kata dia, ditandai dengan hujan lebat yang berdurasi singkat. "Mulai siang hingga malam," kata dia. Biasanya, kata dia, hujan lebat diawali dengan udara yang pengap hingga membuat gerah sehari atau dua hari sebelumnya.


Dikutip dari laman BMKG, potensi cuaca ekstrim ini terjadi mulai 9-11 Maret 2010. Berikut wilayah yang akan terkena cuaca ekstrim:

- Pesisir Barat Sumatera bagian Tengah dan Selatan
- Sumatera bagian Tengah dan Selatan
- Kalimantan Tengah
- Jawa Barat bagian Tengah dan Selatan
- Jawa Tengah bagian Utara dan Timur
- Jawa Timur
- Jabodetabek
- Bali dan Nusa Tenggara
- Sulawesi Selatan dan Tenggara
- Maluku bagian Tengah dan Tenggara
- Papua bagian Tengah

Peringatan Dini Cuaca 9-11 Maret 2010

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika melansir peringatan dini cuaca antara 9-11 Maret 2010. Sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Adanya daerah pumpunan/ pertemuan angin di sekitar Laut Banda hingga Papua bagian Tengah meningkatkan aktifitas pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian Selatan. Kondisi tersebut juga didukung oleh suhu muka laut di wilayah perairan Indonesia yang hangat dan kelembaban udara yang tinggi serta faktor pemanasan berskala lokal yang ditandai dengan suhu udara yang tinggi antara pagi dan siang hari di beberapa wilayah mendukung pertumbuhan awan hujan seperti awan Cumulonimbus yang berpotensi menimbulkan hujan dengan intensitas sedang - lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat.