Senin, 21 Juni 2010

120 Pemain Marching Band Jalani TC ke 4, Tampil di Pembukaan Muktamar


Yogyakarta – Lapangan Stadion Sasana Krida kompleks Akademi Angkatan Udara (AAU) Maguwoharjo, Yogyakarta Ahad Sore (20/06/2010) menjadi lokasi Training Center 120 pemain Marching Band yang akan tampil dalam pembukaan Muktamar, Sabtu Pagi 3 Juli 2010 di Stadion Mandala Krida Yogyakarta.

Tampak para pemain alat music tiup, pukul dan juga para pembawa bendera berlatih beberapa lagu dan juga formasi. Sementara seorang pelatih melalui pengeras suara memberikan instruksi dari atas tribun yang memungkinkan terlihatnya keseluruhan formasi.

“Sore ini kami memasuki TC (Training Center/ Pemusatan Latihan. red) keempat “ kata salah satu pelatih, Ujung Setiawan. Menurutnya tim yang direkrut dari anggota Drum Corps Univ. Muhammadiyah Yogyakarta, Marching Band Univ. Muhammadiyah Surakarta, beberapa alumni Marching Band perguruan Muhammadiyah hingga anggota Drum Band dari SD Muhammadiyah Wirobrajan telah berlatih sejak bulan April 2010. Bahkan ada anggota dari Marching Band Pemuda MuhammadiyahSepanjang, Sidoarjo, Jawa Timur.

Ujung menceritakan bahwa selain TC , di setiap unit mereka berlatih sendiri. Pada tanggal 27 Juni 2010 hingga tanggal 3 Juli 2010 nanti semua pemain akan memasuki karantina yang letaknya dekat dengan stadion Mandala Krida. “Nanti bisa dua kali latihan, kemudian gladi kotor, gladi bersih dan latihan bersama dengan pengisi acara pembukaan lainnya” terangnya.

Namun menurutnya proses yang dilalui tim Marching Band ini tidaklah mudah, karena selalu kesulitan menyatukan semua personil. Sebabnya karena berasal dari beberapa unit serta kesibukan para pemain seperti karena harus mengikuti ujian, atau juga kesibukan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan.

Pelatih yang berjumlah 22 orangpun berasal dari berbagai institusi, seperti dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada dan ada juga pelatih yang saat ini menjadi mahasiswa di Univ. Ahmad Dahlan namun dia melatih di tempat lain. (arif)