Senin, 21 Juni 2010

RS Pirngadi Kembali Rawat Balita Gizi Buruk


Medan, Manajemen rumah sakit umum daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan kembali merawat bayi yang diduga karena gizi buruk. Pasien, Mustika Rasti (1,5) masuk ke RS Pirngadi, Minggu (20/6) sekira pukul 11.00 WIB.

Ibu bayi, Fitri Ani (29), ditemui, di ruang kelas III lantai III rumah sakit mengatakan asal muasal anaknya seperti itu.

Menurutnya, seminggu lalu anaknya demam panas. Selanjutnya, keluarga yang tinggal di rumah sewa Jalan Perjuangan Bromo Kecamatan Medan Denai ini membawanya ke Puskesmas terdekat.


Di Puskesmas, ditimbang ternyata berat badan Mustika berkisar 5,5 Kg. Padahal, baru lahir saja berat badannya 4,4 kg. Berat badan yang kurang baik itu mendiagnosa kalau anaknya diduga gizi buruk.

Mendapat kabar itu, ibu tiga anak itu, Novi Ashari (6), Lia Agustina (3) dan Mustika mengaku sedih. Sedih karena dia terbayang harus berobat dan mencarikan gizi yang cukup untuk anaknya.

Padahal, kehidupan ekonominya begitu sulit. Soalnya, suaminya, Sion (32) hanya sebagai penarik beca bermotor yang disewa. Pendapatan harian tidak menentu. Kalaupun dirata-ratakan hanya Rp20 ribu.

Sebenarnya, keluarga mereka sebelumnya sudah terdaftar sebagai peserta Jamkesmas, tapi untuk Mustika, tidak terdaftar.

Kasubag Hukum dan Humas RS Pirngadi, Edison P SHMKes meminta kepada keluarga Fitri menyiapkan KK dan KTP untuk nantinya diusulkan masuk dalam dana talangan Pemprovsu. (nai)