Jumat, 11 Juni 2010

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Jangan Hanya Seremonial


Medan, Pj Walikota Medan diwakili Sekda Drs HM Fitryus SH MSP menyatakan peringatan hari lingkungan hidup jangan hanya menjadi seremonial saja. "Peringatan hari lingkungan hidup ini lebih penting mengingat kondisi lingkungan hidup terakhir ini semakin parah. Akibat pertumbuhan

pembangunan gedung dan rumah kaca, terutama di lingkungan perkotaan tidak lagi sebanding dengan pemeliharaan dan pelestarian lingkungan hidup kita," kata Fitriyus, pada acara peringatan hari lingkungan hidup se dunia tingkat Kota Medan 2010, di taman Jalan Gajah Madah Medan, Rabu (9/6).

Dikatakannya, selain itu juga pemanfaatan keanekaragaman hayati beberapa tahun terakhir ini dilakukan secara berlebihan oleh pihak tertentu sehingga mengancam tatanan dan fungsi ekosistem. Padahal diketahui keanekaragaman hayati tersebut merupakan unsur pembentuk kelestarian lingkungan hidup sebagai penopang utama kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia dipermukaan bumi ini.

Menurutnya, menyadari walaupun banyak upaya dan terobosan yang dilakukan namun hal ini perlu dukungan dari masyarakat, kurangnya kesadaran tentang penempatan sampah, mendaur ulang sampah juga kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Piagam Adipura

Lebih lanjut dikatakannya, tahun 2010 ini Kota Medan telah memperoleh piagam penghargaan Adipura katagori kota Metropolitan, dimana beberapa tahun lalu kita pernah meraih piala Adipuranya, dan ada tiga kota besar yang dinilai yaitu Makasar, Bandung dan Kota Medan.

" Persaingan sangat ketat dan dengan situasi kurang maksimal Kota Medan mendapat piagam Adipura, diharapkan tahun depan kita maksimalkan dan Kota Medan harus memperoleh Piala Adipura, " tegas Sekda.

Sebelumnya Kepala Badan Pengelolaahan Lingkungan Hidup Kota Medan Ir Hj Purnama Dewi MM mepalorkan, dunia dilanda pemanasan global, untuk mengantisispasi dampak dari pemanasan global ini, Pemko Medan telah melakukan berbagai upaya dan terobosan.

" Untuk mengantisispasi dampak pemanasan global initelah melakukan berbabagai terobosan pelaksanaan green and clean, pelaksanaan daur ulang sampah, penanaman sejuta pohon, pelaksanaan car free day, pemasangan alat pengujian kualitas udara, pemasangan alat pematauan kualitas sungan Deli, pemeriksaan emisis gas buang kenderaan bermotor" ujar Purnama Dewi. (maf)