Kamis, 24 Juni 2010

Jadikan Kepuasan Pasien sebagai Kewajiban Layani Kesehatan Masyarakat


Pantaicermin, Ditetapkannya Puskesmas Pariwisata Pantaicermin Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) sebagai duta Sumut pada penilaian Citra Pelayanan Prima kategori Unit Pelayanan Publik tahun 2010 merupakan satu kepercayaan besar dan berat untuk dipertahankan. Karena, mau tidak mau pelayanan kepada pasien harus ditingkatkan.

"Ini kepercayaan yang besar dan berat. Tapi harus dijalankan dengan meniatkannya sebagai amal ibadah. Karenanya, motto kita di sini menjadikan kepuasan pasien sebagai kewajiban kami memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat," papar Kepala Puskesmas (Kapus) Pariwisata Pantaicermin drg Hj Tatik Iswandari kepada Analisa, Rabu (23/6).

Kepercayaan yang diamanahkan Bupati Sergai HT Erry Nuradi secara moralitas sangat berat, tapi ini juga sebagai sarana ibadah untuk bisa memberikan pelayanan berkualitas kepada masyarakat di sektor kesehatan.

Untuk mencapai kualitas pelayanan, mereka sudah melakukan beberapa kali pembinaan kepada seluruh tenaga medis untuk meningkatkan kualitas SDM, sehingga bisa memberikan pelayanan yang memuaskan pasien.

"Terus terang, masih banyak kekurangan yang dimiliki puskesmas ini baik fasilitas maupun tenaga ahli sesuai dengan kebutuhan kesehatan masyarakat yang datang," paparnya.

Namun demikian, kekurangan-kekurangan yang ada akan diupayakan untuk dipenuhi dan tidak menjadikannya sebagai alasan untuk tidak memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Ditegaskan Tatik, menjawab semua permasalahan dan tantangan besar yang dihadapi Puskesmas Pariwisata Pantaicermin sebagai pusat pelayanan kesehatan yang lebih baik dari sebelumnya, maka kreativitas dan inovasi dari seluruh petugas kesehatan yang ada sangat diharapkan.

Kreativitas dan inovasi ini tambah Tatik, terus diterapkannya sehingga semuanya dituntut terus melakukan perbaikan-perbaikan dari sisi kekurangan pelayanan yang ada lewat evaluasi yang rutin dilakukan.

Fungsi promotif tenaga medis menjadi bagian kinerja yang terus gencar dilakukan sehingga masyarakat bisa memahami betul pentingnya kesehatan yang dapat berdampak merubah cara pandang hidup dengan selalu berperilaku hidup bersih dan sehat serta mengiringi fungsi-fungsi lainnya seperti preventif, kuratif dan rehabilitatif.

"Kalau masyarakat sudah paham tentang pentingnya hidup sehat, tentu kualitas hidup juga akan terwujud. Ini memang harus dilandasi dengan pelayanan yang baik pula," tandasnya.

Ketika disinggung penghargaan CPP yang sedang proses penilaian di tingkat pusat, Tatik menegaskan, menang atau tidak, pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus diberikan dan ditingkatkan. Penghargaan CPP menjadi dorongan bagi dirinya dan seluruh jajaran petugas kesehatan di puskesmas tersebut untuk terus memberikan pelayan yang terbaik. (ak/ans)