Selasa, 22 Juni 2010

Setelah Seleksi Ketat, 125 Nama Calon Anggota PP Siap Dipilih Anggota Tanwir


Yogyakarta - Panitia Pemilihan Anggota Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah mengantungi 125 nama yang akan dibawa ke Sidang Tanwir, 1 Juli 2010. Dari 125 nama tersebut akan dipilih menjadi 39 nama oleh Sidang Tanwir yang nantinya akan dipilih dalam forum Muktamar pada tanggal 5 Juli 2010 menjadi 13 anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2010 – 2015.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Panitia Pemilihan Anggota PP Muhammadiyah, Budi Setiawan dalam acara Press Conference Muktamar Satu Abad Muhammadiyah, Selasa (22/06/2010) bertempat di Kantor PP Muhammadiyah jalan Cik Ditiro Yogyakarta.

“Kami awali dengan penjaringan calon, kami mengirimi anggota tanwir yang kemudian mengirimkan rekomendasi sehingga masuk 233 nama. “ terang Budi. “Dari 233 nama tersebut setelah kami seleksi tersisa 215 nama memenuhi syarat. “ lanjutnya.

Menurut Budi, dari 215 nama tersebut dikirimi surat untuk menyatakan kesediaan dicalonkan menjadi anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah. “Awalnya ada 136 yang bersedia, namun kemudian ada dua yang mencabut kesediaan, sehingga menjadi 134 calon” terang Budi.

“Setelah kita teliti ulang, beliau – beliau yang merangkap jabatan dengan jabatan di partai politik diminta menandatangani pernyataan diatas materai bersedia mengundurkan diri bila terpilih menjadi anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah” terang Budi. Setelah ditunggu, menurut Budi, akhirnya hanya ada 125 nama yang memenuhi syarat.

Lebih lanjut Budi Setiawan menyampaikan bahwa pada Muktamar kali ini, sesuai keputusan Tanwir Lampung, persyaratan menjadi angota PP Muhammadiyah lebih ketat daripada muktamar sebelumnya. Antara lain usia Kartu Tanda Anggota Muhammadiyah minimal 6 tahun, harus pernah menjadi anggota PP Muhammadiyah minimal selama 1 periode atau pernah menjabat di badan pembantu pimpinan, pimpinan wilayah, atau pada organisasi otonom pusat minimal dua periode. (arif)