Rabu, 02 Juni 2010

SBY Akan Bahas Serangan Israel dengan Obama


Jakarta,Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden AS Barack Obama akan membahas serangan Israel terhadap armada kapal kebebasan (Freedom Flotila) di perairan internasional pada saat Obama berkunjung ke Indonesia pada Juni 2010.

Juru Bicara Kepresidenan Bidang Hubungan Luar Negeri Dino Patti Djalal dalam konferensi pers di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa, mengatakan masalah tersebut akan dibahas karena Presiden SBY merasa prihatin dengan prospek perdamaian di Timur Tengah yang saat ini sedang diupayakan kembali melalui "Proximity Talks" yang melibatkan negara-negara barat. "Masalah ini akan menjadi satu hal yang akan dibahas antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Obama," ujar Dino.

Dino mengatakan serangan Israel terhadap konvoi bantuan kemanusiaan melibatkan 50 negara itu merupakan hal faktual dibicarakan dalam pertemuan Presiden SBY-Obama karena dalam pertemuan bilateral antara Presiden SBY dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pekan lalu dibicarakan tentang posisi AS dalam proses perdamaian yang tengah dilakukan.

Dalam konferensi pers, Dino menuturkan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah melakukan sidang darurat untuk membahas masalah penyerangan Israel terhadap konvoi kapal kemanusiaan yang membawa 10 ribu barang bantuan untuk rakyat Palestina di Jalur Gaza.

Dewan Keamanan PBB pun telah mengeluarkan pernyataan mengutuk aksi Israel yang menelan korban setidaknya 10 korban jiwa dan banyak lagi yang cedera. "Dewan Keamanan PBB menyerukan adanya penyelidikan, investigasi langsung," ujarnya.

Menurut Dino, Presiden SBY merasa cukup puas dengan adanya seruan Dewan Keamanan PBB tersebut dan menyerukan agar para relawan dan kapal-kapal kemanusiaan yang ditahan Israel segera dibebaskan.

Dino menjelaskan Dewan Hak Asasi Manusia PBB juga telah setuju mengadakan debat mendesak atau "urgent debate" guna membahas serangan Israel terhadap konvoi kapal kemanusiaan di perairan internasional. "Urgent debate ini selain didorong oleh Indonesia yang diwakili oleh Dubes PBB di Jenewa juga didukung oleh Mesir dan negara-negara anggota OKI," ujarnya.

Debat darurat yang diselenggarakan Selasa pukul 15.00 waktu Jenewa atau Selasa malam itu akan mendorong diadakannya resolusi dari Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB mengenai serangan Israel itu. "Ini agak jarang terjadi suatu seruan internasional dari berbagai penjuru, berbagai negara yang kurang lebih sama nadanya," ujar Dino.

Dalam pertemuan antara ASEAN dan "Gulf Countries Corporation" (GCC) yang dihadiri Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, ia menjelaskan, negara-negara ASEAN dan negara teluk juga mengeluarkan pernyataan bersama mengutuk dan meminta pertanggungjawaban Israel.

Obama Telepon Netanyahu

Sementara itu Presiden AS Barack Obama menelepon Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu terkait penyerangan pasukan Israel terhadap kapal kemanusiaan bertujuan Gaza. Dalam percakapan telepon itu, Obama menyampaikan penyesalan mendalamnya atas jatuhnya korban jiwa dalam peristiwa tragis itu. Obama juga mendesak Netanyahu untuk mengumpulkan semua fakta tentang insiden itu secepat mungkin.

"Presiden juga mengungkapkan pentingnya untuk mempelajari semua fakta dan kondisi seputar peristiwa tragis itu secepat mungkin," demikian disampaikan Gedung Putih dalam pernyataan seperti dilansir Reuters, Selasa (1/6). Dalam perbincangan itu, Obama juga memaklumi keputusan Netanyahu untuk membatalkan pertemuan mereka yang seharusnya dilakukan pada Selasa (1/6) kemarin. "Mereka setuju untuk menjadwal ulang pertemuan mereka pada kesempatan paling awal," demikian pernyataan Gedung Putih. (Ant/dtc)