Rabu, 23 Juni 2010

Ketua PW Muhammadiyah Jatim Dijagokan Di Muktamar 46 Yoqjakarta


/>


Surabaya, CyberNews. Muktamar ke-46 Muhammadiyah di Yogyakarta sebentar lagi digelar. Ketua PW Muhammadiyah Jatim, Dr H Syafiq Mughni menyatakan kesediaannya dicalonkan sebagai ketua umum PP Muhammadiyah.

Bahkan, Syafiq yang juga staf pengajar IAIN Sunan Ampel Surabaya itu telah mengembalikan formulir calon ketua umum PP Muhammadiyah periode 2010-2015. "Yang ada di budaya Muhammadiyah adalah dicalonkan dan bukan mencalonkan. Saya ini dicalonkan, makanya saya siap karena itu adalah amanat," kata Syafiq di Surabaya, Rabu (23/6).

Rencananya muktamar Muhammadiyah digelar di Yogyakarta pada 3-8 Juli mendatang. Dalam muktamar nanti, ketua umum ditentukan hasil pemungutan suara atas 13 calon pimpinan psat ormas Islam yang didirikan KH Ahmad Dahlan di Yogyakarta. Biasanya, peraih suara terbanyak dari 13 calon pengurus PP Muhammadiyah yang dipilih dan ditunjuk sebagai orang pertama di persyarikatan Islam Modernis itu.

Syafiq mengemukakan, dia siap bersaing dengan Prof Dr Dien Syamsuddin yang memiliki kans kuat menjabat kembali sebagai ketua umum PP Muhammadiyah.

Mencuatnya nama Syafiq itu sebenarnya sudah lama. Misalnya, ketika Ketua Umum Muhammadiyah Dien Syamsuddin berkunjung ke SD Muhammadiyah 4, di Jalan Pucang Surabaya. Syafiq yang duduk di samping Dien dipuji terus-menerus oleh orang pertama di Muhammadiyah itu. "Pak Syafiq ini sudah bukan waktunya di wilayah, tapi di pusat," kata Dien saat itu.

Tampilnya Syafiq dalam pertarungan perebutan jabatan ketua umum PP Muhammadiyah karena dijagokan anggota Tanwir PWM Jatim dan beberapa anggota Tanwir lainnya. Selain itu, sejumlah persyaratan yang ditentukan dalam regulasi internal ormas Islam ini telah dipenuhi Syafiq. "Insya Allah saya siap, karena persyaratan itu sudah ada," katanya