Jumat, 25 Juni 2010

Masyarakat Sumut Harus Siaga dan Tanggap terhadap Bencana


Medan, Kepala Badan Kesbanglinmaspol Provinsi Sumatera Utara menegaskan seluruh masyarakat Sumut harus siaga dalam menghadapi bencana khususnya bencana alam sebab kedatangan bencana tidak pernah diduga atau diprediksikan.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kesbanglinmaspol H Darwinsyah SH kepada sejumlah wartawan di Medan, Selasa (22/6).

Darwin mengungkapkan untuk membuat masyarakat tahu dan sigap dalam menghadapi bencana pihaknya sudah melaksanakan acara "Jambore Penanggulangan Bencana Tingkat Provinsi Sumut" 14-18 Juni 2010 di Bumi Perkemahan Sibolangit Deli Serdang di mana peserta Jambore diikuti seluruh Kesbanlingmaspol Kabupaten/Kota di Sumut.

"Jambore Penanggulangan Bencana Tingkat Provinsi Sumatera utara yang kita laksanakan beberapa waktu lalu untuk memberikan pedoman atau arahan kepada peserta jambore mengenai tindakan yang akan dilaksanakan pada saat persiapan dan pada saat ketika terjadi bencana," ujarnya.

Tingkatkan Manajemen

Tujuan dari pelaksanaan Jambore Penanggulangan Bencana Tingkat Provinsi Sumatera Utara itu sebutnya kembali diharapkan dapat meningkatkan manajemen dan kepemimpinan Satuan Linmas untuk mendukung kapasitas dan pelayanan Pemerintah Daerah/kabupaten/kota pada siklus penanggulangan bencana, dengan sasaran untuk meningkatkan keterlibatan Linmas dalam penanggulangan bencana, meningkatkan pengetahuan, keterampilan Linmas dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pelayanan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam penanggulangan Bencana. (aru/rel)