Selasa, 29 Juni 2010

Ribuan Polisi Siap Amankan Muktamar Muhammadiyah


TEMPO Interaktif, Yogyakarta - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta mengerahkan 7.012 personel untuk membantu pengamanan acara Muktamar Satu Abad Muhammadiyah yang akan digelar mulai Sabtu (3/7) mendatang. Untuk perhelatan ini, polisi menganggarkan Rp 300 juta yang diambil dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

“Uang pengamanan itu diambil dari pos kontijensi dengan dana APBN,uang rakyat, bukan dari panitia,” Kepala Polisi Daerah Istimewa Yogyakarta Brigadir Jenderal Sunaryono, Senin (28/6).

Rencananya 7.012 personel itu akan disebar ke hotel-hotel, asrama, rumah penduduk, dan kantor-kantor yang akan menjadi tujuan para tamu mulai 1-7 Juli. “Polisi akan berkoordinasi dengan satpam dan pengamanan internal Muhammadiyah yang jumahnya sekitar 1.000 orang,” katanya.

Untuk memperkuat koordinasi antara petugas keamanan dan polisi, Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar pasukan untuk pengamanan Muktamar di Mandala Krida, Selasa, (29/6).

Ketua Panitia Muktamar Satu Abad Muhammadiyah Herry Zudianto mengatakan penggembira muktamar yang diperkirakan hadir di Yogyakarta lebih dari 200 ribu masyarakat Muhammadiyah. Menurut Herry, persiapan muktamar sudah rampung. Kendalanya, melakukan koordinasi antarpanitia yang jumlahnya ribuan.

Ketua Otorita UMY Husni Amriyanto mengatakan untuk perhelatan itu, semua sekolah Muhammadiyah di seluruh Yogyakarta dari TK hingga SMA akan menampung peserta. “Selain itu ada sekolah negeri yang menjadi tempat menampung karena sekolah Muhammdiyah belum bisa menampung semua peserta," kata dia. {TMP}