Jumat, 25 Juni 2010

Jelang Muktamar Muhammadiyah UMY Siapkan 270 Tenaga Medis



Yogyakarta, Tim kesehatan otorita Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyiapkan 270 tenaga medis untuk memantau dan melayani kesehatan peserta muktamar ke-46 dan peringatan satu abad Muhammadiyah. Mereka juga memberikan penyuluhan sebagai kontribusinya meningkatkan pengetahuan terkait dengan penyakit dan kesehatan peserta.

"Semuanya tenaga kesehatan tersebut disediakan untuk melayani para muktamirin dan penggembira di UMY mulai tanggal 1 hingga 9 Juli,'' ungkap Ketua Sie Kesehatan Otorita UMY, dokter Suryanto SpPK di ruang kerjanya, kampus terpadu, Kamis (24/6).

Dia menjelaskan ke-270 tenaga medis tersebut yakni 33 dokter umum, 24 dokter gigi, 20perawat, enam apoteker, 90 koas, 90 relawan terlatih dari Tim Bantuan Medis (TBM) dan Korps Sukarela (KSR), serta tujuh dokter spesialis sebagai konsulen.

Konsulen terdiri atas dua dokter spesialis syaraf, masing-masing satu dokter spesialis jiwa, penyakit dalam, mata, THT, serta kulit dan kelamin.

Tim kesehatan juga menyediakan tiga ambulan yang ditempatkan di sekitar sportarium sebanyak dua unit dan satu di Asri Medical Center (AMC). Ketiga ambulan tersebut siap selama 24 jam. Sejumlah sepeda motor juga diturunkan membantu tim.

Relawan TBM membantu tugas non medis dokter dan perawat untuk melakukan screening pasien dengan risiko tertentu berdasarkan pada paspor peserta muktamar. Peserta mendapatkan buku persensi kesehatan atau paspor kesehatan sehingga semua keluhan kesehatan tercatat di sana.

Penggembira, panitia dan peserta tidak dipungut biaya alias gratis. Di samping itu, mereka juga mendapatkan fasilitas untuk melakukan screening gratis yang meliputi pemeriksaan tensi, gigi, glukosa darah, refraksi mata, termasuk penyuluhan bagi penggembira sebagai bentuk kegiatan pengabdian masyarakat bagi dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY.(SM)