Rabu, 02 Juni 2010

Ratusan Umat Islam Tolak Obama di Depan Kedubes AS


Pada hari ini, sekitar 500 orang dari puluhan Ormas Islam yang berunjukrasa.
"Sebenarnya ada sekitar 53 Ormas yang rencana aksi, tapi ini hanya sebagian saja yang datang," ujar Komandan Laskar Pembela Islam, Muhammad Mursalim, di sela unjukrasa di depan Kedubes AS, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (2/6).

Di antara puluhan Ormas itu, beberapa Ormas yang terlihat dalam aksi seperti Forum Umat Islam, Front Pembela Islam, Laskar Pembela Islam, Gerakan Reformasi Islam, dan Gerakan Pemuda Muslim Indonesia. dalam isu yang diusung, puluhan Ormas Islam menyatakan tidak bisa menolerir kebiadaban Israel dalam tragedi penyerangan kapal Mavi Marmara. Israel mereka cap sebagai biang terorisme dan mereka juga berharap umat Islam tidak hanya memikirkan negaranya saja , tapi juga ikut peduli terhadap umat Islam yang ada di Palestina.

"Aksi seperti ini akan terus belangsung sampai Obama (Presiden AS) datang ke Indonesia. Amerika Serikat adalah sahabat dekat Israel," ujar Mursalim.

Di tengah aksi, para pimpinan Ormas memberi komando ke massa untuk meneriakkan penolakan terhadap kedatangan Obama. Ratusan massa berseru "Tolak Obama" berulang kali.

Saat berita ini diturunkan, situasi di depan Kedubes AS masih kondusif meskipun massa yang berkumpul terus bertambah. Aparat kepolisian terlihat memperketat penjagaan dan menambah jumlah personil.[ald]