Kamis, 03 Juni 2010

Gubsu Dukung Program Penanaman Sejuta Pohon di Medan


Medan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), H.Syamsul Arifin SE mendukung penuh program penanaman sejuta pohon di Medan dan beberapa wilayah lainnya di Sumut yang dilaksanakan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Perintis.

Dukungan ini disampaikan Gubsu ketika menerima audensi pengurus LSM Perintis di ruang kerjanya belum lama ini, seraya berharap kiranya gerakan penghijauan Kota Medan terus berlanjut.

Selaku Penjabat Walikota Medan, Syamsul Arifin menyambut hangat inisiatif LSM Perintis melaksanakan program penanaman sejuta pohon yang sudah dimulai beberapa waktu lalu dan puncaknya pada Juni 2010 ini.

Diharapkan apa yang sudah diprakarsai LSM Perintis ini dapat dilanjutkan pihak lain, sehingga akan terwujud Kota Medan yang hijau dan sejuk.

Selain itu, Gubsu juga berharap kiranya pohon yang ditanam disesuaikan dengan kondisi kawasan dan tidak sembarang tanam agar tumbuh maksimal.

"Kegiatan ini harus dilakukan secara profesional, dimulai dengan membuat pemetaan lokasi tanam hingga pengawasan terhadap setiap pohon yang ditanam," ujar Gubsu.

Misalnya, di kawasan pegunungan yang cocok ditanam adalah pohon cepat menghasilkan dan bisa dimanfaatkan masyarakat banyak. Sedangkan di pinggiran sungai untuk pelindung atau penahan air bah (banjir).

Sambut Hari LHS

Sementara Ketua LSM Perintis, Hendra Silitonga mengungkapkan, program penanaman sejuta pohon ini mereka laksanakan dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia (LHS) yang jatuh pada 5 Juni 2010.

Disebutkan, sebagai lembaga non pemerintah LSM Perintis tidak hanya ingin berfungsi menjadi sosial kontrol terhadap kinerja aparatur pemerintah belaka, namun juga ingin mengabdikan diri serta berrak di bidang sosial lainnya. Seperti mengadakan program pengobatan gratis, sunatan massal, seminar dan lain-lain.

Untuk memperlancar program penanaman pohon ini, LSM Perintis cukup banyak memperoleh bantuan bibit pohon dari berbagai pihak dan berharap kiranya instansi terkait turut memberikan dukungan demi kelancaran kegiatan yang dilakukan.

Pada tahap pertama kegiatan, sedikitnya 10.000 bibit pohon ditanam di Desa Karang Gading dan sejumlah sekolah di kawasan Kota Medan serta berikutnya menanami lahan seluas 80 hektar milik PDAM Tirtanadi di kawasan Sibolangit.

Sebelum diterima Gubsu, pengurus LSM Perintis juga sudah diterima Kepala Dinas Kehutanan Sumut, BLH, BPN, PDAM Tirtanadi, Kapoltabes Medan, Kesbanglinmas, Unimed dan pihak lain.

Hadir pada audensi di Kantor Gubsu antara lain Staf Binsosprovsu, Wakil Ketua LSM Perintis T.Amry Sony, Sekretaris Jenderal Oban Nasution, Bendahara Linda Mariati dan sejumlah anggota. (rel/rama/ans)