Sabtu, 05 Juni 2010

Obama Telepon SBY, Tunda Lagi Lawatan ke Indonesia


Jakarta,Presiden Amerika Serikat Barack Obama menelepon Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan menyampaikan secara langsung mengenai penundaan sementara lawatannya ke Indonesia.

Pengumuman penundaan rencana lawatan Obama ke Indonesia itu secara resmi dikeluarkan oleh Istana Presiden Jakarta, Jumat siang. "Tadi pagi jam 9, Presiden Yudhoyono menerima telepon dari Presiden Obama. Presiden Obama meminta maaf kepada Presiden Yudhoyono karena terpaksa menunda sementara kunjungannya ke Indonesia dan Australia yang direncanakan Juni 2010," kata juru bicara kepresidenan Dino Patti Djalal.

Menurut Dino, pembicaraan telepon selama lebih kurang 10 menit itu diawali dengan pembicaraan mengenai hubungan dwipihak. Dino mengatakan bahwa Obama terpaksa menunda sementara lawatannya ke Indonesia dan Australia karena harus fokus pada upaya pemerintahnya menanggulangi bencana lingkungan di perairan Teluk Meksiko.

"Menjawab hal tersebut, Presiden dapat memahami sepenuhnya bahwa Presiden Obama perlu berada di negaranya untuk menangani bencana lingkungan yang terburuk dalam sejarah AS," katanya.

Menurut Dino, Presiden Yudhoyono juga mengatakan bahwa akan sulit baginya untuk meninggalkan Indonesia di tengah bencana alam di dalam negeri. Bencana lingkungan yang dimaksud adalah tumpahan minyak di perairan Teluk Meksiko yang menurut informasi terbaru telah mencapai 24 ribu kilometer persegi atau hampir seluas negara bagian Maryland di AS. (Ant)