Kamis, 24 Juni 2010

Varia Muktamar: Pameran Amal Usaha, Kuliner, Panggung Kesenian, Permainan, Produk Barang dan Jasa


Yogyakarta – Pekan Niaga dan Seni Budaya Nusantara menyuguhkan berbagai alternatif kebutuhan bagi Muktamirin, Penggembira serta masyarakat umum dari tanggal 1 hingga 9 juli 2010. Berbagai stand telah disediakan oleh panitia, dan hingga senin (21/06/2010) stand Kuliner telah habis dipesan, sedangkan stand pameran sudah 85 persen dipesan.

Manurut daftar peserta pameran sekitar 360 an kapling stand sudah dipesan. Dari gambaran itu, pengunjung pameran nantinya akan bisa mengunjungi stand –stand seperti stand Amal Usaha Muhammadiyah. Tercatat ada stand yang akan memamerkan perguruan tinggi Muhammadiyah, sekolah Muhammadiyah, rumah sakit Muhammadiyah dan juga beberapa amal usaha ekonomi. Stand yang khusus memamerkan dinamika Muhammadiyah melalui aktifitas Majelis, Lembaga di Muhammadiyah juga dipastikan tersedia dalam pameran kali ini.

Menurut Puri Puranti dari Sekretariat Pameran Muktamar Seabad Muhammadiyah ketika ditemui di kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Jln Gedong Kuning, Senin (21/06/2010) panitia juga menyiapkan stand kuliner yang akan menyediakan berbagai macam produk makanan.

Sementara itu, disisi barat area pameran tersedia panggung kesenian pameran di yang akan diisi seluruh peserta yang berasal dari seluruh Indonesia, peserta pengembira, SMA, SMP maupun SD Muhammadiyah, jelas Puri.

Untuk produk yang dipamerkan dan juga bisa dibeli di arena Muktamar, tercatat stand-stand yang menyediakan buku, busana muslim, batik, kaos, mainan anak-anak, aksesoris, atribut Muhammadiyah dan organisasi otonomnya, CD, kaligrafi, bordir, souvenir, tas, oleh-oleh khas jogja, kerajinan perak dan kuningan, pupuk organik, produk otomotif, madu dan sebagainya. Ada juga tercatat produk jasa seperti Bank dan Biro Perjalanan.

Disalah satu sudut arena pameran juga tersedia area tempat permainan anak-anak. Pameran Muktamar Muhammadiyah yang berlangsung bersamaan dengan musim libur panjang anak-anak sekolah ini juga bisa menjadi alternatif agenda wisata keluarga di Yogyakarta.

Lokasi pameran atau Pekan Niaga Seni dan Budaya Nusantara ini berada di kompleks Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, yang siap siap dikunjungi Muktamirin dan Penggembira Muktamar sejak tanggal 1 Juli malam hingga tanggal 9 Juli 2010, pukul 09.00 pagi hingga pukul 09.00 malam. (arif)